Langsung ke konten utama

PEMANFAATAN KOMPUTER

Segala kegiatan yang dilakukan dipermudah dengan adanya berbagai inovasi yang diciptakan salah satunya adalah komputer. Di era serba teknologi seperti saat ini, keberadaan komputer sangatlah penting. Manfaat komputer dianggap sebagai alat multifungsi dan sudah banyak dikenal oleh banyak orang. Baik dari kalangan anak kecil, remaja bahkan orang dewasa sekalipun.

Memiliki kegunaan yang multifungsi, menjadikan keberadaan komputer sering dijumpai di supermarket, kantor, bank, sekolah, dan lain sebagainya. Bahkan kini di masing-masing rumah juga telah memiliki komputer dengan berbagai jenis dan bentuk. Misalnya seperti laptop.

Walaupun komputer bersifat bisa mengerjakan apa saja alias multifungsi, namun belum banyak yang memgetahui secara signifikan tentang manfaat komputer itu sendiri. Ya, orang-orang yang menggunakan komputer hanya sebatas megetahui serta menggunakan dasar-dasar komputer saja. Sehingga tidak bisa merasakan manfaat yang berlebih dari komputer.

Untuk itu, agar kamu bisa memperoleh manfaat komputer secara lebih, kamu perlu mengenal beberapa manfaat komputer agar bisa memiliki keahlian khusus untuk mendapatkan manfaat komputer dengan lebih.


A. Komputer dibidang Pendidikan


Saat ini sebagian besar sekolah telah menjadikan komputer sebagai alat yang membantu dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan komputer sebagai media pembelajaran, membuat suasana belajar mengajar menjadi lebih hidup alias tidak monoton.

Komputer dalam dunia pendidikan bisa dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan materi pelajaran. Hanya dengan menyajikan video interaktif, simulasi, dan program presentasi melalui komputer, siswa akan lebih mudah dalam memahami materi pelajaran.

Nah, untuk siswa sendiri, manfaat komputer yang bisa dirasakan adalah bisa lebih mudah untuk mendapatkan ilmu atau informasi. Peran buku manual pun dapat diganti dengan menggunakan buku elektronik atau e-book. Maka tak heran, kini sudah banyak sekolah yang telah menerapkan perpustakaan digital atau perpustakaan berbasis komputer. Dengan berubahnya stigma pendidikan yang berbasis komputer ini, diharapkan dapat mempermudah bagi para guru dan siswa dalam menjalankan proses kegiatan belajar mengajar.

Menurut Robert Taylor, peranan komputer di bidang pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu TUTOR, TOOL, dan TUTEE:

1.       Sebagai TUTOR – Komputer berperan sebagai pengajar yang difungsikan sebagai alat pembelajaran atau CBE (Computer Based Education)

2.       Sebagai TOOL – Komputer memudahkan proses pengajaran berintegrasi komputer diantaranya untuk pengolahan data nilai, penjadwalan dan lain sebagainya

3.       Sebagai TUTEE – Komputer berperan sebagai alat yang diajar dan bisa melakukan diskusi dan dialog dan dikenal dengan CAI (Computer Assist Intruction)

Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu para siswa untuk mengembangkan pengetahuan mereka, yaitu:

1.       Model latihan dan praktek (drill and practice)

2.       Model tutorial

3.       Model penemuan (problem solving)

4.       Model simulasi (simulation)

5.       Model permainan (game)


B. Komputer di Dunia Bisnis


Teknologi informasi mulai disadari dapat menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada. Departemen TI pada sebuah perusahaan mulai dibangun dan secara konstan diminta untuk mengembangkan suatu layanan, mengembangkan suatu sistem, dan mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) dikembangkan oleh perusahaan untuk menyediakan informasi terkini mengenai operasi perusahaan dan membantu membuat keputusan perusahaan.

Dari sisi pelanggan, peranan sistem komputer adalah meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan kualitas layanan.

Bagi bisnis perdagangan, seperti department store, sistem informasi manajemen memungkinkan pencatatan transaksi secara mudah dengan alat bernama barcode reader yaitu  alat untuk membaca kode barang yang dihubungkan dengan komputer. Penggunaan barcode reader memudahkan pramuniaga melayani pelanggan. Oleh karena alat ini terhubung dengan komputer di kasir dan server maka dapat dilakukan pengecekan hasil transaksi setiap saat untuk mengetahui jenis barang, sisa stok, barang-barang yang harus segera diadakan oleh pemilik toko, dan yang penting lagi dapat segera diketahui seberapa besar keuntungan yang diperoleh dari transaksi.

Semua itu dimungkinkan karena penggunaan komputer dan penerapan program sistem informasi manajemen.  Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain.


C. Komputer dalam Bidang Sosial Budaya

Perkembangan teknologi dibidang sosial dan budaya memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi dan bersosialisasi satu dengan yang lainnnya. Banyak aplikasi yang memberikan kemudahan dan kecepatan dalam hal berkomunikasi dan bertukar teknologi.

Jika selama ini ruang untuk menampilkan kebudayaan  daerahmasih sangat terbatas, dengan adanya teknologi memungkinkan untuk mengenalkan kebudayaan tersebut secara luas tanpa batas. Pertukaran budaya pun secara otomatis dapat tercipta dikalangan masyarakat secara cepat dan mudah.


D. Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari


Manfaat komputer yang digunakan hampir seluruh orang adalah mennjadikannya sebagai alat komunikasi. Dengan menggunakan komputer, masyarakat bisa mengakses internet untuk nantinya terhubung dengan teman atau saudara melalui beberapa media. Misalnya saja, kamu bisa berkirim pesan dengan email, mengobrol dengan teman melalui pesan instan, video call, mengunggah foto serta memberikan komentar di jejaring sosial.

Dalam keseharian selain melakukan komunikasi menggunakan komputer, masyarakat juga dapat melakukan kegiatan perdagangan jual beli dengan memanfaatkan komputer. Kegiatan ini dikenal dengan istilah e-commerce. Dengan e-commerce, masyarakat dapat melakukan interaksi perdagangan tanpa harus bertemu langsung dengan penjual atau pembeli.

Istilah dunia ada dalam genggaman muncul dari melakukan berbagai kegiatan dalam keseharian manusia yang dilakukan dengan pemanfaatan komputer. Semua aplikasi yang ada didalam komputer dapat memudahkan masyarakat dalam menyelesaikan kebutuhan hariannya bahkan juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan untuk hiburan.


E. Komputer dalam bidang Pemerintahan


Perkembangan teknologi komputer yang semakin pesat mengakibatkan berbagai bidang di instansi atau perusahaan mengimplentasikan teknologi untuk banyak keperluan-keperluan sebanding dengan bertambahnya fungsi teknologi komputer, bertambah pula keperluan akan luas jaringan komputer yang diperlukan oleh bidang tersebut agar setiap bagian terkait dapat menggunakan layanan-layanan teknologi yang disediakan. Pemerintah sudah menggunakan komputer untuk melayani semua aktivitas pada lembaganya dan sudah sejajar dengan keberadaan masyarakat modern yang paham akan teknologi dan internet.

Dibidang pemerintahan, pemanfaatan internet dan komputer dikenal dengan sebutan electronic government atau E-government untuk menjangkau lebih mudah semua lapisan masyarakat melalui teknologi. PERMASALAHAN Pemerintah pada dasarnya adalah pelayan masyarakat yang selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dari waktu ke waktu. Mengacu pada definisi yang diajukan oleh World Bank, komputer dalam pemerintahaan/E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh instansi-instansi atau badan-badan pemerintahan(misal dengan Wide Area Networks, Internet, dst), yang dengan semua itu mempermudah dan meningkatkan kemampuan transfomasi hubungan antara warga negara, dunia bisnis, dan bagian-bagian lain dari pemerintahan.

Masyarakat yang memiliki peran utama dalam suatu negara pastinya memiliki ide untuk membangun dan memajukan kota, pemerintah kota sumedang untuk saat ini belum memiliki sistem penampung aspirasi bagi warganya. Dengan adanya komputer, masyarakat dapat menyalurkan ide dan saran maupun kritikan kepada pemerintah secara mudah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Home, work and Ethical Issue

Istilah social community ini muncul semenjak Daniel Bell membuat konsep masyarakat ‘pasca-industrial’ pada tahun 1977. Perkembangan masyarakat pasca fase industri mengacu pada berkembangnya teknologi informasi yang membawa banyak pengaruh di segala bidang. Social community kemudian dikaji oleh Manuel Castells tahun 1996 yang memunculkan istilah “zaman informasi”. Menurut Castells, kemajuan teknologi informasi telah menyediakan dasar materi bagi perluasan pervasive dari jejaring sosial sebuah organisasi. Pervasive adalah suatu bentuk dimana teknologi telah menyatu terhadap pemakai teknologi dan lingkungannya sehingga teknologi tersebut bukan suatu hal yang khusus. Seakan teknologi tersebut sudah menjadi bagian dalam hidupnya. Misalnya penggunaan smartphone oleh seseorang untuk aktivitasnya sehari-hari. Ketika smartphone tersebut ketinggalan, maka akan menimbulkan ketidakpastian perasaan. Gambar diatas adalah gambaran masyarakat informasi menurut Manuel Castells. Ada 6 pokok yang muncul

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Komputer

Tanpa kita sadari komputer telah berperan banyak bagi masyarakat kita. Baik itu di negara berkembang seperti indonesia maupun di negara maju yang ada di seluruh dunia. Komputer telah mempengaruhi bagaimana cara hidup manusia seperti berkerja ataupun bermain. Komputer dapat juga dimanfaatkan untuk mendiagnosa, berkomunikasi dan menganalisis. Komputer merupakan sebuah penemuan yang dasar dan sangat penting karena tidak hanya membantu pekerjaan kita tetapi juga mengubah cara kerja kita dan sekaligus menimbulkan sebuah tantangan dan permasalahan baru dalam lingkungan. Dalam penggunaan komputer sekarang didasari dengan penggunaan internet. Karena kemampuan internet yang dapat mengirim informasi atau gagasan ke seluruh penjuru dunia dalam sekejab maka internet telah mempengaruhi banyak aspek. Maka dari itu perlu kita ketahui apa saja dampak dari positif dan negatif penggunaan  komputer yang disebabkan dalam pengunaan internet terhadap kehidupan manusia.  A. Bagi Pendidikan Di era globalisasi

VIRUS

Fred Cohan : "A program that can infect other programs by modifying them to include a slighty altered copy of itself. A virus can spread throughout a computer system or network using the authorization of every user using it to infect their programs. Every programs that gets infected can also act as a virus that infection grows" Beberapa kegiatan virus, yaitu : - Cenderung bersifat negatif atau merusak - Mengincar data - Sasaran data kritis pada harddisk, boot sector atau tabel partisi harddisk - Mengacak - acak data pada sebuah file - Menghapus data - Melakukan perusakan sistem komputer - Sekedar pamer - Mengeluarkan pesan sponsor - Mengeluarkan suara, lagu, gambar dan berbagai macam "kejutan" lain Perkembangan Virus Adapun sejarah berkembangnya virus adalah sebagai berikut : a. Tahun 1949 John von Newman, yang menciptakan Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), memaparkan suatu makalahnya yang berjudul "Theory and Organization of Complicated A