Langsung ke konten utama

Inovasi Dalam Bidang Teknologi dan Informasi

 


A. Perkembangan Teknologi Informasi

Sejarah perkembangan dari Teknologi Informasi sejatinya ditentukan dari adanya penemuan alat/media untuk penyampaian atau pertukaran informasi. Terjadinya transformasi di masyarakat dimulai sejak adanya penemuan berbagai media mulai dari kertas, telepon, radio, televisi, satelit hingga penemuan komputer. Dalam kurun waktu penemuan tersebut, terjadi perubahan yang mengakibatkan terjadinya transformasi masyarakat dalam berbagai pola aktivitas kesehariannya.

Teknologi informasi saat ini disebut-sebut memasuki “masa emas” nya. Paling tidak 50 tahun terakhir, manusia telah banyak melakukan terobosan dengan berbagai inovasi yang dibuatnya. Di tahun 1900-an semuanya masih memakai sistem analog, mulai dari sistem komunikasi, transportasi dan lainnya. Sedangkan di tahun 2000-an, semuanya sudah menggunakan sistem komputer dan bahkan terintegrasi antara satu sistem dengan sistem lainnya. Sistem teknologi dan informasi sekarang telah merambah berbagai bidang dan aspek kehidupan secara digital.

Era digital terlahir dengan kemunculan digital, jaringan internet khususnya teknologi informasi komputer. Media baru era digital memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan atau internet. Media massa beralih ke media baru atau internet karena ada pergeseran budaya dalam sebuah penyampaian informasi. Kemampuan media era digital ini lebih memudahkan masyarakat dalam menerima informasi lebih cepat.

Dengan media internet membuat media massa berbondong-bondong pindah haluan. Semakin canggihnya teknologi digital masa kini membuat perubahan besar terhadap dunia, lahirnya berbagai macam teknologi digital yang semakin maju telah banyak bermunculan. Berbagai kalangan telah dimudahkan dalam mengakses suatu informasi melalui banyak cara, serta dapat menikmati fasilitas dari teknologi digital dengan bebas dan terkendali. Era digital juga membuat ranah privasi orang seolah-olah hilang. Data pribadi yang dimasukkan pengguna jejaring sosial seperti facebook, twitter, MySpace all akan terekam di dalam otak komputer dan mengakibatkan penghuni internet mudah dilacak, baik dari segi kebiasaan berselancar atau hobi.


B. Penemuan Inovasi TI di Dunia tahun 2016 - 2017

Inovasi baru dibidang Teknologi Informasi mulai bermunculan dengan membawa beberapa dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Dianatar penemuan terbaru yag terjadi selama kurun waktu 2016 hingga 2017 adalah sebagai berikut :


1. Drone


Drone adalah pesawat nirwanak atau unmanned aerial vechil, dimana alat ini tak membutuhkan awak namun tetap dikendalikan oleh pilot. Akan tetapi pilot disini mengendalikannya dengan menggunakan remote dan dari jarak jauh. Bentuk dari drone sendiri memang dibuat menyerupai pesawat dan juga helikopter. Namun bentuk drone yang menyerupai pesawat dan juga helikopter ternyata memiliki kegunaan yang berbeda.

Meski begitu drone adalah alat dengan teknologi canggih yang mampu dikendalikan serta memiliki kemampuan terbang yang cukup tinggi dan juga jauh. Untuk drone yang memiliki bentuk seperti helikopter yang memiliki desain mulitirotor ini biasa digunakan bagi drone konsumer dan juga para profesional. Sedangkan drone yang menyerupai pesawat sendiri biasa digunakan untuk kebutuhan militer.


2. Qiwii - Sistem Antrian Online


Merupakan sistem antiran online yang dikembangkan oleh Nuesto di Bandung dan telah diaplikasikan pada 4 puskesmas dan 1 Rumah Sakit. Qiwii mampu memangkas waktu tunggu di fasilitas kesehatan hingga 75% dengan memberikan fasilitas antrian daring lewat sms ataupun situs. Sehingga pasien yang mulanya harus menunggu tiga sampai empat jam kini hanya perlu menunggu satu jam saja.


3. IoT (Internet of Things)

Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus, berikut kemampuan remote control, berbagi data, dan sebagainya, termasuk pada benda-benda di dunia fisik.


4. Project Loon


Project Loon adalah proyek Google untuk membawa jaringan internet dengan wahana balon udara. Balon tersebut nantinya akan bertindak seperti sebuah satelit atau "BTS udara" Google dengan tujuan memberikan akses paket internet murah dan terjangkau bagi masyarakat di daerah terpencil dan tertinggal.

Balon yang kemudian dikenal sebagai Google Loon ini bisa bertahan di lapisan stratosfer selama 100 hari menggunakan tenaga surya. Balon Google tersebut tidak mengganggu lalu lintas udara karena dapat terbang jauh di atas ketinggian jelajah pesawat komersial.

Dengan memberikan layanan melalui balon-balon maka tempat-tempat yang sebelumnya tak terjangkau akan bisa menikmati akses informasi tanpa batas melalui internet


5. Project Tango


Project Tango sebuah ponsel prototipe yang diciptakan Google dengan kemampuan untuk mempelajari keadaan sekitar. Seperti dimensi sebuah ruang layaknya sedang berada di bilik itu sendiri atau sedang digerakkan. Jadi jika pengguna sedang membawa perangkat dan berjalan di sekitar rumah, maka perangkat akan mampu mempelajari bentuk rumah, menciptakan peta yang lebih tepat dan akurat. Dan akhirnya akan membantu Google Maps menjadi lebih aktual di masa mendatang.


6. Virtual Reality (VR)


Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru dari suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Home, work and Ethical Issue

Istilah social community ini muncul semenjak Daniel Bell membuat konsep masyarakat ‘pasca-industrial’ pada tahun 1977. Perkembangan masyarakat pasca fase industri mengacu pada berkembangnya teknologi informasi yang membawa banyak pengaruh di segala bidang. Social community kemudian dikaji oleh Manuel Castells tahun 1996 yang memunculkan istilah “zaman informasi”. Menurut Castells, kemajuan teknologi informasi telah menyediakan dasar materi bagi perluasan pervasive dari jejaring sosial sebuah organisasi. Pervasive adalah suatu bentuk dimana teknologi telah menyatu terhadap pemakai teknologi dan lingkungannya sehingga teknologi tersebut bukan suatu hal yang khusus. Seakan teknologi tersebut sudah menjadi bagian dalam hidupnya. Misalnya penggunaan smartphone oleh seseorang untuk aktivitasnya sehari-hari. Ketika smartphone tersebut ketinggalan, maka akan menimbulkan ketidakpastian perasaan. Gambar diatas adalah gambaran masyarakat informasi menurut Manuel Castells. Ada 6 pokok yang muncul

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Komputer

Tanpa kita sadari komputer telah berperan banyak bagi masyarakat kita. Baik itu di negara berkembang seperti indonesia maupun di negara maju yang ada di seluruh dunia. Komputer telah mempengaruhi bagaimana cara hidup manusia seperti berkerja ataupun bermain. Komputer dapat juga dimanfaatkan untuk mendiagnosa, berkomunikasi dan menganalisis. Komputer merupakan sebuah penemuan yang dasar dan sangat penting karena tidak hanya membantu pekerjaan kita tetapi juga mengubah cara kerja kita dan sekaligus menimbulkan sebuah tantangan dan permasalahan baru dalam lingkungan. Dalam penggunaan komputer sekarang didasari dengan penggunaan internet. Karena kemampuan internet yang dapat mengirim informasi atau gagasan ke seluruh penjuru dunia dalam sekejab maka internet telah mempengaruhi banyak aspek. Maka dari itu perlu kita ketahui apa saja dampak dari positif dan negatif penggunaan  komputer yang disebabkan dalam pengunaan internet terhadap kehidupan manusia.  A. Bagi Pendidikan Di era globalisasi

VIRUS

Fred Cohan : "A program that can infect other programs by modifying them to include a slighty altered copy of itself. A virus can spread throughout a computer system or network using the authorization of every user using it to infect their programs. Every programs that gets infected can also act as a virus that infection grows" Beberapa kegiatan virus, yaitu : - Cenderung bersifat negatif atau merusak - Mengincar data - Sasaran data kritis pada harddisk, boot sector atau tabel partisi harddisk - Mengacak - acak data pada sebuah file - Menghapus data - Melakukan perusakan sistem komputer - Sekedar pamer - Mengeluarkan pesan sponsor - Mengeluarkan suara, lagu, gambar dan berbagai macam "kejutan" lain Perkembangan Virus Adapun sejarah berkembangnya virus adalah sebagai berikut : a. Tahun 1949 John von Newman, yang menciptakan Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), memaparkan suatu makalahnya yang berjudul "Theory and Organization of Complicated A